Konsep Statistik Yang Harus Diketahui Setiap Ilmuwan Data

Ilmuan data adalah seorang yang harus menguasai ilmu statistik pastinya.

Namun ada beberapa konsep yang harus benar-benar di pahami, dalam hal ini.

Simak, ulasan kami dibawah berikut ini.

2 Konsep Yang Sangat Penting

Ilmuwan data sangat diminati dan dalam beberapa kasus, ilmuwan data mengambil alih peran ahli statistik warisan. Sementara karir di bidang ilmu data mungkin terdengar menarik dan tersedia, calon ilmuwan data harus mempertimbangkan kenyamanan mereka dengan statistik sebelum merencanakan langkah selanjutnya, seperti mendapatkan gelar master dalam ilmu data.

Statistik deskriptif
Statistik deskriptif adalah cara menganalisis dan mengidentifikasi fitur dasar dari kumpulan data. Statistik deskriptif memberikan ringkasan dan deskripsi data, serta cara untuk memvisualisasikan data. Banyak informasi mentah yang sulit untuk ditinjau, diringkas, dan dikomunikasikan. Dengan statistik deskriptif, Anda dapat menyajikan data dengan cara yang berarti.

Analisis penting dalam statistik deskriptif meliputi distribusi normal (kurva lonceng), tendensi sentral (mean, median, dan modus), variabilitas (25%, 50%, 75% kuartil), varians, standar deviasi, modalitas, skewness dan kurtosis, menurut to Towards Data Science, blog industri ilmu data.

Statistik deskriptif terpisah dari statistik inferensial. Statistik deskriptif menunjukkan apa itu data; statistik inferensial digunakan untuk mencapai kesimpulan dan menarik kesimpulan dari data.

Teori probabilitas
Teori probabilitas adalah cabang matematika yang mengukur kemungkinan terjadinya peristiwa acak, menurut Encyclopedia Britannica. Eksperimen acak adalah situasi fisik dengan hasil yang tidak dapat diprediksi sampai diamati. Seperti melempar koin. Probabilitas adalah angka yang dapat diukur antara nol dan satu yang mengukur kemungkinan terjadinya peristiwa tertentu. Semakin tinggi probabilitas (semakin dekat dengan satu), semakin besar kemungkinan itu terjadi. Peluang melempar koin adalah 0,5 karena kemungkinan mendarat dengan kepala atau ekor sama.

Probabilitas melihat apa yang mungkin terjadi berdasarkan data dalam jumlah besar — ​​ketika eksperimen diulang berulang kali. Itu tidak membuat kesimpulan apa pun tentang apa yang mungkin terjadi pada orang tertentu atau dalam situasi tertentu. Rumus statistik yang terkait dengan probabilitas digunakan dalam banyak cara, termasuk grafik aktuaria untuk perusahaan asuransi, kemungkinan terjadinya penyakit genetik, polling politik dan uji klinis.

Leave a Comment

Your email address will not be published.