Pekerjaan Yang Mengandalkan Ilmu Statistika

Dalam dunia pekerjaan atau karir, pastinya terdapat aturan mengenai ilmu khusus yang di perlukan dalam suatu bidang pekerjaan. Salah satunya adalah ilmu Statistika.

Pasti kalian bertanya dalam benak kalian sendiri tentang, Profesi seperti apa yang mengandalkan ilmu ini.

Simak ulasannya di bawah berikut ini.

5 Pekerjaan Yang Membutuhkan Ilmu Statistika

Ada beberapa pekerjaan yang umumnya membutuhkan pemahaman soal bidang statistika. Diantaranya adalah:

peneliti pasar

Peneliti pasar bertugas untuk menganalisis kondisi terkait industri untuk memperkirakan penjualan produk dan layanan. Para profesional ini memantau tren di pasar tertentu untuk menilai hasil potensial bagi organisasi mereka, dan mereka mengevaluasi hasil kampanye dan program pemasaran. Peneliti pasar menggunakan keahlian dalam statistik untuk mengembangkan proses pengumpulan data dan menganalisis angka dengan perangkat lunak dan algoritme canggih. Untuk mengomunikasikan temuan kepada kolega dan pemangku kepentingan, peneliti pasar sering menerjemahkan data ke dalam bagan dan laporan.

Analis keuangan

Analis keuangan adalah yang akan membantu individu, bisnis, dan agensi saat mereka mempertimbangkan investasi. Mereka menilai kinerja saham dan obligasi dan memperkirakan hasil pasar di masa depan menggunakan pengetahuan statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data keuangan yang relevan. Analis keuangan meninjau neraca dan laporan perusahaan, bekerja dengan perwakilan perusahaan dan menganalisis tim manajemen saat mereka menyiapkan rekomendasi investasi untuk klien mereka.

Analis bisnis

Dikenal juga sebagai konsultan manajemen, analis bisnis mengkhususkan diri dalam mengevaluasi efisiensi organisasi. Mereka menilai masalah bisnis, mengumpulkan data yang relevan dan merancang metode untuk menganalisis masalah secara efektif. Para profesional ini sering menganalisis laporan keuangan dan laporan tenaga kerja dan menggunakan statistik untuk mengidentifikasi tren dan merekomendasikan solusi. Analis bisnis sering bekerja sama dengan manajer proyek untuk menerapkan rekomendasi proses dan meninjau kemajuan. Sementara banyak analis bisnis bekerja untuk organisasi, yang lain wiraswasta dan bekerja sebagai kontraktor.

administrator basis data


Database administrator adalah yang mempunyai tugas dalam menyimpan, mengkategorikan dan mengatur informasi. Mereka bertanggung jawab untuk menjaga data melalui pencadangan dan pemulihan, dan mereka juga memelihara dan memperbarui keamanan data. Administrator basis data membantu pemangku kepentingan mengakses data, mengawasi izin, dan memastikan bahwa basis data berjalan dengan benar. Para profesional ini juga dapat mengembangkan database baru, membuat tes dan memodifikasi standar struktural yang diperlukan. Sebagian besar administrator database memiliki pengetahuan tingkat tinggi tentang bahasa seperti Structured Query Language (SQL) untuk melakukan pekerjaan mereka secara efektif.

Teknisi perangkat lunak (software)

Teknisi dan pengembang perangkat lunak mengawasi pembuatan aplikasi komputer, program perangkat lunak, dan sistem jaringan. Mereka menerapkan keahlian statistik mereka dengan mengumpulkan data untuk menganalisis kebutuhan pengguna sebelum mengelola pengembangan dan pengujian. Insinyur perangkat lunak menggunakan model untuk membuat peta aplikasi, mengembangkan dan menguji program, merekomendasikan strategi peningkatan yang efektif dan menyediakan pemeliharaan perangkat lunak yang berkelanjutan. Para profesional ini sering bekerja sama dengan pemrogram komputer, manajer proyek teknologi informasi, dan manajer sistem informasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published.